Masjid Agung Jawa Tengah MAJT

Pilar MAJT Semarang

Berada di jalan raya Gajah Semarang, Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) ini merupakan salah satu masjid termegah yang ada di Indonesia. Dibangun di atas tanah seluas 10 hektar, MAJT Jateng ini memiliki 6 payung elektrik dengan ukuran raksasa serta tower dengan tinggi 99 meter, dan kita bisa memandang landscape kota Semarang dengan sempurna dari tempat ini.

Masjid Agung ini dengan arsitektur dari berbagai gaya, baik arsitektur Jawa, Romawi, Yunani dan tentu saja Islam. Saat masuk area MAJT ini kita disambut dengan adanya air mancur yang jumlahnya sangat banyak, yang diatasnya terdapat 5 tulisan yang merupakan ke-5 rukun Islam, yaitu Syahadat, Shalat, Shoum, Zakat serta Haji, tulisan tersebut dari bahan stainless steel.

Gambar atas tower majt

Bangunan utama masjid agung jateng

Dari atas majt

Interior_masjid

Museum perkembangan islam Jawa Tengah

Tower MAJT Jateng

Di latar depan masjid, terdapat pilar yang jumlahnya 25 yang melambangkan ke-25 nabi yang dikenal dalam agama Islam. Pilar pilar ini memiliki gaya ala koloseum Athena di Romawi dengan berhias kaligrafi yang sangat indah. Bangunan utama Masjid Agung ini dengan atap limas khas bangunan Jawa dengan kubah besar diameter 20 meter dan 4 menara yang masing masing memiliki ketinggian 62 meter.

Kompleks bangunan MAJT Semarang ini selain berfungsi sebagai masjid, juga telah menjadi satu destinasi wisata religi di Semarang dan Jawa Tengah.

Untuk pengunjung yang berasal dari luar kota, tidak perlu khawatir mencari hotel untuk menginap, di sayap kiri telah disediakan hotel untuk memudahkan pengunjung yang ingin bermalam. Hotel yang berada di kompleks MAJT ini adalah Hotel Graha Agung.