Waduk Jatibarang, Tempat Wisata Keluarga Murah Meriah

Waduk jatibarang semarang

Lebih dikenal berada di Gunungpati Semarang, Waduk Serbaguna Jatibarang ini sangat ramai dikunjungi warga Kota Semarang dan sekitarnya, terutama pada akhir pekan. Waduk buatan dengan luas genangan sebesar 189 hektar ini menjadi tempat favorit untuk wisata bersama keluarga, terlebih harga tiket masuk yang terhitung murah sekali, yaitu hanya Rp 2.500,- per orang (Feb 2015).

Naik Perahu di WadukFoto instagram @itsme_donald_chan

Area Bendungan Jatibarang ini sebenarnya meliputi 4 kelurahan dari 2 kecamatan, Kelurahan Kandri dan Kelurahan Jatirejo dari Kecamatan Gunungpati serta Kelurahan Kedungpane dan Kelurahan Jatibarang dari Kecamatan Mijen dengan pintu masuk area wisata berada di Gunungpati dan Kantor Pengelolaan waduk berada di Jatibarang.

Jembatan goa kreo

Kantor pengelola waduk

Monyet kreo

Rindangnya waduk jatibarang

Di tengah tengah area genangan waduk terdapat pulau kecil, pulau ini adalah tempat beradanya satu destinasi wisata kota Semarang lainnya, Goa Kreo, menuju tempat ini dihubungkan dengan jembatan penghubung.

Pembangunan fisik waduk ini memakan waktu sekitar 4 tahun. Bertepatan dengan peringatan Hari Air Dunia 5 Mei 2014, bendungan mulai digenangi. Pada awal tahun 2015, bendungan mulai penuh, dan pengunjung yang datang makin banyak. Dan pada pertengahan tahun 2015, daya tarik wisata ditambah dengan adanya perahu. Pengunjung dapat berkeliling naik perahu bermotor ini dengan biaya mulai 60 ribu rupiah untuk mengelilingi setengah area waduk dan 100 ribu rupiah untuk mengelilingi seluruh area waduk.