Sam Poo Kong Semarang – Klenteng Gedung Batu

Sam Poo Kong Semarang

Berada di jalan Simongan no 129, atau 2 KM dari arah Tugu Muda / Lawang Sewu, Klenteng Sam Poo Kong Semarang merupakan tempat bekas persinggahan dan pendaratan pertama seorang Laksamana yang berasal dari Tiongkok bernama Zheng He / Cheng Ho pada tahun 1400-an.

Megahnya Sam Poo Kong Semarang

Relief Dinding Gedung Batu

Patung laksamana cheng ho

Bangunan inti dari Sam Poo Kong ini berupa Goa Batu, goa aslinya sendiri tertutup longsor pada tahun 1700-an, lalu dibangun kembali sebagai penghormatan kepada Cheng Ho.

Di dalam goa itu terdapat Patung Laksamana Cheng Ho yang dilapisi emas yang digunakan untuk ruang sembahyang. Di sebelah goa, dindingnya dihiasi relief tentang perjalanan Cheng Ho dari daratan Tiongkok hingga sampai ke Jawa.

Wisata Semarang Sam Poo Kong

Explore Semarang Sam Poo Kong

Awal tahun 2002 dilakukan renovasi besar besaran yang menelan biaya Rp 20 miliar yang selesai dibangun pada tahun 2005, membuat sam poo kong lebih megah dan menarik pengunjung atau wisatawan. Dan Laksamana Cheng Ho yang aslinya adalah keturunan Persia serta beragama Islam, membuat gedung batu ini juga banyak dikunjungi oleh mereka yang beragama Islam, dan juga turis dari China.