Pagoda Avalokitesvara di Vihara Buddhagaya Watugong

Dengan tinggi 45 meter, Pagoda Avalokitesvara di Vihara Buddhagaya, atau lebih sering disebut dengan Pagoda Watugong ini memiliki 7 tingkat dengan konstruksi hampir semuanya terbuat dari beton dengan warna dominan merah serta beberapa arca pada setiap tingkat pagodanya. Pagoda ini mendapatkan tercatat dalam rekor MURI sebagai pagoda tertinggi di Indonesia.

Bangunan Utama Pagoda Buddhagaya

Berada di Jalan Perintis Kemerdekaan Semarang (Watugong) mendekati perbatasan dengan Ungaran, Vihara Buddhagaya Watugong ini berada di bawah binaan Sangha Theravada Indonesia.

Pagoda Watugong Semarang

Alta Vihara Avalokitesvara

Pagoda ini sering disebut juga dengan sebutan Pagoda Metakaruna atau Pagoda Cinta Kasih Sayang karena keberadaannya untuk menghormati sang figur cinta kasih dan kasih sayang, Dewi Kwan Sie Im Po Sat. Dua gazebo besar terlihat mengapit di samping kiri serta kanannya, yang biasa digunakan untuk tempat tambur serta lonceng, yang menjadi salah satu dari adat kelengkapan pagoda ini. Dengan kemegahannya, tempat ini menjadi satu destinasi untuk kategori wisata religi di Kota Semarang.

Vihara Buddhagaya Watugong
Alamat: Jl Perintis Kemerdekaan Watugong Semarang Jawa Tengah.
Nomor Telepon: 024 7473590