Museum Jawa Tengah Ronggowarsito Abdulrahman Saleh

Patung Gajah Purba Museum Ronggowarsito

Berada di jalan Abdulrahman Saleh, Museum Ranggawarsita atau lebih sering dilafalkan dengan dengan Ronggowarsito adalah museum terlengkap di di Kota Semarang, dan menjadi salah satu tujuan wisata untuk keluarga di kota lumpia ini. Dengan koleksi benda sejarah, arkeologi, kebudayaan, alam, era pembangunan dan wawasan nusantara, nama museum ini berasal dari nama salah satu pujangga Indonesia, Ranggawarsita.

Koleksi Museum Ronggowarsito ini jumlahnya sangat banyak, 59.802 buah yang terbagi dalam 10 kategori, yaitu geologi, numismatic, heraldika, kramologika, biologi, arkeologi, historika, filologi, teknologika, ethnografika dan seni rupa. Museum Jawa Tengah yang didirikan pada tahun 1975 dan secara resmi dibuka oleh Prof Dr Fuad Hasan pada tanggal 5 Juli 1989 ini adalah aset pelayanan publik di bidang pelestarian budaya, wahana pendidikan serta rekreasi.

Tampak Depan Museum Ronggowarsito

Peresmian Museum Jateng Ranggawarsita

Koleksi Museum Jateng

Melihat Koleksi Museum Jateng

Perahu Cadik

Museum Jateng ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 16.00 wib. Berada sekitar 3 Km dari tugumuda, relatif mudah dijangkau dengan transportasi umum maupun pribadi.

Museum Jawa Tengah Ranggawarsita
Alamat: Jl Abdulrahman Saleh No 1 Kalibanteng Kulon Semarang Jawa Tengah.
Nomor Telepon: 024 7602389.
Email: info@museumranggawarsita.com
Website Resmi: www.museumranggawarsita.com