Kebun Teh Medini dan Sejuknya Lereng Gunung Ungaran

Sejuknya Kebun Teh MediniFoto @danuarifpujiyanto Instagram.

Tak terlalu jauh daru Kota Semarang, Kebun Teh Medini berada di sisi utara Gunung Ungaran, tepatnya di tepatnya di Desa Ngesrepbalong, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Berad di ketinggian 2.050 mdpl, kebun ini memiliki luas sekitar 386 hektar, dan sudah ada sejak tahun 1901, atau era kolonial Belanda. Udara yang sejuk dan pemandangan yang indah menaungi kebun teh ini.

Meski tidak terlalu jauh sebenarnya, namun medan jalan menuju tempat ini tidaklah mulus. Kendaraan yang biasa lewat jalan menuju kebut teh ini adalah standar truk pengangkut teh, dengan medan jalan sebagian besar diperkeras dengan batu, sebaiknya menggunakan mobil SUV atau sepeda motor dengan ground clearance yang tinggi dan sangat tidak direkomendasikan menggunakan mobil jenis sedan.

Kebun Teh Medini UngaranFoto @ariekristiana_ Instagram

Kebun Teh Medini SemarangFoto @gibranhaidar Instagram

Kebun Teh Medini KendalFoto @rezhapramudyta Instagram

Rute Kebun Teh MediniFoto @rmc_iqbal Instagram.

RUTE: Dari Semarang Kota, Kebun Teh Medini dapat dicapai melewati rute Pasar Jrakah – Boja melewati kecamatan Mijen dan Cangkiran. Saat sampai Cangkiran, lurus menuju Taman Rejo, kalau belok ke kanan akan menuju Kecamatan Boja. Setelah kelurahan Taman Rejo terlewatu, jalur berbatu dimulai.

Terdapat air terjun yang masih alami tak jauh dari pabrik teh Medini, Curug Lawe namanya. Curug Lawe di sini tidak sama dengan Curug Lawe (yang berdekatan dengan Curug Benowo) yang di wilayah kalisidi, meski memiliki nama sama. Curug Lawe Medini ini bisa dicapai dengan perjalanan sekitar waktu 15-20 menit dari pintu tiket masuk dengan berjalan kaki.