Semarang Contemporary Art Gallery – GALSEM

Patung miring warna hijau
Berada di kawasan Kota Lama, Semarang Contemporary Art Gallery ini biasa juga disebut sebagai Galeri Semarang (GALSEM) saja. Lokasinya sekitar 100 meter dari Gereja Blenduk / Taman Srigunting, tepatnya di jalan sebelah Spiegel, masuk sampai mentok. Galeri buka dari jam 10.00 WIB sampai 16.30 WIB kecuali sedang ada event tertentu. Berbagai karya seni kontemporer mulai patung hingga lukisan dipamerkan di galeri ini. Dengan di setiap karya seni terdapat papan informasi terkait judul serta dan penjelasan singkatnya.

semarang-contemporary-art-gallery

galeri-semarang

pemburu-kelinci-allumunium-painted

Sejarah Bangunan Galeri Semarang Contemporary Art Gallery:
Bangunan ini pertama kali dibangun pada 1895 oleh Tuan Addler, seorang Belanda. Gaya bangunan sedikit terpengaruh oleh gaya Spanish Colonial. Bangunan ini tidak mempunyai halaman tetapi didepannya adalah taman kota (taman srigunting) yang sekarang menjadi bangunan ex BTPN dan posisinya tepat di tepi jalan raya Let. Jend. Suprapto, jalan yang dibangun oleh Daendels pada tahun 1811 yang dikenal dengan Anyer-Panarukan. Sebelah baratnya adalah paradeplein Gereja Blenduk.

Perusahaan “Winkel Maatschappij” H. Spiegel yang menempati bangunan ini adalah sebuah perusahaan yang berdagang berbagai macam barang keperluan rumah tangga dan keperluan kantor dengan model terbaru. Beberapa barang yang disajikan antara lain: tekstil dari kapas atau linen, keperluan rumah tangga, mesin ketik, furniture, keperluan untuk olah raga dan sebagainya. Tuan H. Spiegel adalah manager perusahaan ini. 5 tahun kemudian Tuan H. Spiegel menjadi pemiliknya. Pada tahun 1905 perusahaan ini menjadi Perseroan Terbatas (PT). Pengusaha pribumi terkemuka di Semarang, Tasripin, dicatat mengambil alih bangunan ini, yang kemudian pernah disewakan dan dipakai sebagai gudang, dealer motor, dan Perusahaan Besar Farmasi Tempo. Pabrik Limun Fresh diketahui membeli bangunan ini pada tahun 1980-an dan digunakan sampai tahun 1990-an. Pada tahun 2008, Chris Dharmawan melakukan konservasi dan digunakan sebagai Semarang Gallery.

Semarang Contemporary Art Gallery.
Alamat: Jl Taman Srigunting No 5-6 Kota Lama Semarang Kode Pos 50174 Indonesia.
Nomor Telepon: +62 24 355 20 99
Email: galeri_semarang[at]yahoo.com
Website: www.galerisemarang.com