Candi Gedong Songo – Bandungan

Pesona Candi Gedong Songo

Dibangun pada abad ke-9 Masehi, Candi Gedong Songo berada di lereng gunung Ungaran yang sejuk, atau tepanya di Dusun Darum, Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Berasal dari bahasa Jawa, kata “Gedong” artinya bangunan rumah atau bangunan yang megah, sedangkan “Songo” berarti sembilan. Secara harfiah, Gedongsongo berarti 9 bangunan yang megah.

Pintu masuk candi 9

Pemandangan di sekitar area Kompleks Candi ini sangat indah, sejuk dan hijau. Kabut sering datang dan pergi dengan cepat, begitu pula hujan, tiba tiba datang dan pergi. Jadi sebaiknya jika berwisata di candi 9 ini membawa payung untuk persiapan jika sewaktu waktu hujan turun. Hutan pinus yang tertata rapi dan juga mata air yang mengandung belerang juga menjadi salah satu daya tarik tempat wisata alam di bandungan Semarang ini.

Sejuknya Candi Gedong 9 Bandungan

Candi Gedong 1 cukup dekat, hanya sekitar 200 meter dari pintu masuk, melalui jalan setapak yang naik. Untuk melihat semua candi, jalannya memang naik dan turun cukup jauh, untuk yang tidak terbiasa olah raga mungkin nafas cukup ngos ngosan. Atau bisa memanfaatkan jasa transportasi kuda untuk wisata keliling obyek wisata Candi Gedongsongo ini.

Pengunjung candi gedong 9

Di antara Candi Gedong 3 dan 4, ada kepunden gunung yang merupakan sumber air panas dengan kandungan belerang yang tinggi. Pengunjung dapat mandi dan menghangatkan badan disebuah pemandian yang dibangun di dekatnya. Keindahannya Candi Gedong Songo ini sering menjadi tempat yang indah untuk foto foto Pre Wedding.

Jalan menuju Lokasi?
Untuk mencapai kompleks Candi Gedong Songo perlu sekitar 40 menit perjalanan dari Kota Ambarawa. Berikut daftar jarak tempuh menuju candi ini.
– Ungaran – Gedong Songo : 25 km
– Ambarawa – Gedong Songo : 15 km
– Semarang – Gedong Songo : 45 km

Koordinat GPS Candi Gedong Songo: 7°12’39.72”S (Lat) 110°20’32.88” E (Long)
Google Map Refference (-7.211033,110.342467)