Bonbin Mangkang – Kebun Binatang Semarang dan Taman Margasatwa

Naik Gajah di Taman Margasatwa Semarang

Berada di perbatasan Kota Semarang dan Kabupaten Kendal, tepatnya di Jalan Walisongo KM 16 Mangkang, Taman Margasatwa Semarang ini lebih sering disebut dengan Kebun Binatang / Bonbin Mangkang. Tempat rekreasi / wisata, taman margasatwa, konservasi dan pendidikan ini berada di bawah Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemkot SMG.

Luas area Kebun Binatang Bonbin Mangkang ini adalah 9 hektar. Sebagian satwa berada di kandang, sebagianlagi berada di ruang terbuka sesuai dengan habitatnya. Keliling kebun naikkereta mini, gajah, becak air atau perahu menyusuri danau buatan di tengah tengah burung pelikan yang berenang dengan bebasnya di danau buatan adalah fasilitas yang ada di bonbin ini. Selain itu juga ada arena mainan anak anak, water boom, museum pesawat serta kolam keceh.

Naik perahu di Kebun Binatang Explore Semarang

Pintu masuk Kebun Binatang Semarang

Pintu masuk Taman Margasatwa

Burung Pelikan Bonbin Mangkang

Rusa

Pada hari biasa pengunjung relatif tidak banyak hanya di kisaran 100 orang, sedangkan di akhir pekan, jumlah pengunjung bisa mencapai 1000 orang per hari, serta lebih banyak lagi untuk hari besar nasional atau hari libur sekolah.