Air Terjun Kalipancur

Landscape pemandangan kalipancur

Ada beberapa tempat wisata air terjun yang tak jauh dari Semarang. Namun Air Terjun Kalipancur yang berada di Desa Nogosaren, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, atau sekitar 14 km sebelah barat Kota Salatiga ini jalannya relatif bersahabat dibandingkan air terjun lainnya. Hanya dengan berjalan tak sampai 1 km dari tempat parkir kendaraan, dan di sepanjang jalan terdengar suara gemericik air dan sejuknya udara dan hijaunya pemandangan, lokasi air terjun sudah dicapai.

Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 100 meter, dan dihiasi bebatuan alam dan goa goa kecil tempat bersarang burung walet. Cuaca di sini sering berubah dengan cepat, seperti di Candi Gedong Songo. Jadi tak ada salahnya membawa payung, seringkali dari atas panas, ditengah perjalanan tiba tiba hujan. Dan baru sebentar, reda kembali.

Menuruni anak tangga air terjun kalipancur

Air terjun kalipancur

Area air terjun kalipancur

Memasak mie instan

Sejuknya pemandangan kalipancur

Bagaimana jalan menuju air terjun Kali Pancur?
Jangan keliru dengan Kali Pancur yang ada di area paling timur kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang, atau yang berada dekat greenwood, Air terjun Kalipancur di sini berada di Desa Nogosaren, Kec Getasan, Kab Semarang, atau sekitar 14 km sebelah barat Salatiga.

Seperti kebanyakan tempat wisata di Semarang, tidak ada transportasi umum yang bisa menjangkau tempat wisata ini selain taksi. Jika terpaksa mau menggunakan transporasi umum, bisa menggunakan minibus jurusan Kopeng Salatiga, sesampai di Desa Wates Kec. Getasan, lalu bisa jalan kaki atau menggunakan jasa kendaraan ojek sekitar 3 km. Jalan menuju lokasi ini cukup bagus, hanya beberapa ratus meter dekat lokasi jalannya sempit. Tempat parkir kendaraan di air terjun kali pancur ini cukup luas, berada pada koordinat GPS 110, 25′ 21.37″BT 7, 21′ 41.5″LS. Usahakan sebelum menuju tempat wisata air terjun kalipancur ini badan sedang fit, karena sekitar 900 meter menuruni anak tangga cukup melelahkan, belum naik kembali lagi.