Agrowisata Sidomuncul

Agrowisata Sidomuncul SemarangFoto @aziieenashofa ig.

Berada di dalam area pabrik PT. Industri Jamu dan farmasi Sido Muncul Tbk di Bergas Klepu Kabupaten Semarang, Agrowisata ini dibangun untuk koleksi tanaman – tanaman yang langka atau yang hampir punah. Koleksinya sebagian besar berupa tanaman untuk bahan jamu yang digunakan oleh industri.

Agrowisata Sidomuncul ini dibangun pada tahun 1999 dengan desain artistik agar menarik untuk dikunjungi. Berada di atas lahan seluas 1,5 hektar, dengan topografi tanah yang landai, dengan ketinggian 440 meter dari permukaan laut.

Di dalam area agrowisata ini terdapat sekitar 400 spesies tanaman termasuk yang didatangkan dari luar negeri antara lain Mintha Piperita, Sybilum Marianum, Echinacea purpurea, Tribulus Terrestris dan Jamur Ganoderma Lucidum.

Terdapat kolam ikan yang cukup besar yang didalamnya terdapat ikan Arapaima, ikan raksasa dari sungai Amazon. Selain itu juga terdapat 27 jenis satwa lainnya seperti Harimau Sumatra dan Siberia, Kelompok kera (OwaJawa, Si Amang, Kera Jawa, Lutung Kelabu), Buaya, Orang Utan Kalimantan, Elang, Ular, Kuda, Kasuari, Merak, Burung Kakaktua dan sebagainya.

Agrowisata ini merupakan area publik yang dikunjungi rata-rata 3000 orang wisatawan per bulan, tanpa dipungut biaya. Agrowisata kami merupakan ajang wisata edukasi bagi pelajar, mahasiswa, juga masyarakat umum.

Agrowisata Sidomuncul
Alamat: Jl. Soekarno Hatta Km 28 Kecamatan Bergas – Klepu, Semarang 50552.
Nomor Telepon : (62 298) 523 515
Fax : (62 298) 523 509
Email : simuncul@indosat.net.id
Website: www.sidomuncul.com/agrowisata.php